Mageia 6 Sentuh Versi RC, Bawa Kernel 4.9.28, Benahi 30 Bug (Blocker)

Mageia

Bulan Mei ini, tim pengembang distro Mageia meluncurkan Mageia 6 RC (Kandidat Rilis), dua bulan lebih sejak kehadiran Mageia 6 Sta2.

Donald Stewart mengumumkan kehadirannya via blog Mageia. “Siapapun di Mageia sangat gembira dan bangga mengumumkan ketersediaan kandidat rilis Mageia 6. Perjalanan yang panjang, tetapi kita sudah berada di tahap akhir dan Mageia 6 siap diluncurkan.”

Mageia 6 RC telah mematangkan desktop KDE Plasma 5 sebagai pengganti KDE4 dan DNF+COPR sebagai alternatif manajer paket urpmi. Selain itu, ia membawa kernel Linux 4.9.28, XOrg 1.19.3, Plasma 5.8.6, GNOME 3.24.3, MATE 1.18.2, Cinnamon 3.28, Xfce 4.12.1, peramban Mozilla Firefox 52 ESR dan Chromium 57, LibreOffice 5.3.3.2, serta mail client Thunderbird 52.

Kehadiran Mageia 6 RC ini tidak hanya terlihat dari pembaruan paket, tetapi juga terlihat dari pembenahan 30 bug yang selama ini menjadi blocker, terutama bug pada dukungan driver proprietari dan pada dukungan VirtualBox.

Siapapun yang ingin mencoba Mageia 6, silakan unduh berkas ISO-nya di tautan ini baik varian KDE Plasma, GNOME, ataupun Xfce.

Ramdziana F Yustitianto

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana

You may also like...