Manjaro 17.0.3 Hadirkan Pembaruan Calamares dan MHWD

Tim pengembang Manjaro mengumumkan rilis pembaruan ketiga sekaligus terakhir untuk seri Manjaro 17 Gellivara: Manjaro 17.0.3.

Manjaro

Sebagai catatan, mengingat Manjaro adalah distribusi GNU/Linux rilis bergulir (rolling release), rilis Manjaro 17.0.3 ini hanya merupakan pembaruan citra ISO. Para pengguna aktif Manjaro cukup menjalankan perintah pacman -Syu untuk memperoleh segala pembaruan yang ada di versi baru ini.

Manjaro 17.0.3 adalah hasil kesibukan pengembang selama dua bulan lebih. Pembaruan paling penting di sini ada pada Calamares 3.1.1 yang telah meningkatkan salt untuk password pengguna. Jadi, jika Anda menginstal Manjaro menggunakan ISO baru 17.0.3, salt password yang Anda gunakan sudah pasti lebih aman.

Di samping itu, rilis ini juga memperbarui MHWD (Manjaro Hardware Detection) yang mampu menangani libglx dengan lebih baik dan memperbarui beberapa paket, termasuk seri kernel LTS (linux49), seri Xorg 1.19, KDE Plasma 5 dengan KDE Applications dan KDE Frameworks, serta meningkatkan manajer paket GUI, perkakas Manjaro Tools & Profiles, serta tema.

Anda dapat mengunduh ISO Manjaro 17.0.3 via laman unduh Manjaro.org untuk edisi resmi Xfce, KDE, dan GNOME. Namun, jika Anda ingin memilih edisi lain, komunitas juga menyediakan edisi Budgie, Cinnamon, Deepin, i3, LXDE, LXQt, dan MATE melalui tautan ini. Edisi komunitas masih menginjak versi 17.0.2, tunggu beberapa waktu sebelum pemelihara masing-masing edisi komunitas menghadirkan versi 17.0.3.

Seperti yang disampaikan sebelumnya, ini merupakan rilis ISO terakhir yang mendukung 32-bit.

Ramdziana F Yustitianto

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana

You may also like...