Mengintip Fitur Baru LibreOffice 5.4

LibreOffice 5.4 Alpha akan segera diunggah oleh pengembang sebagai rilis uji coba dan tepat akhir bulan ini, pengembang akan menyelenggarakan sesi perburuan bug pertama sebagai ajang untuk mencari dan melaporkan bug.

Versi ini akan membawa banyak pembaruan, tetapi untuk rilis Alpha awal nanti, fitur baru hanya ditemukan pada beberapa komponen.

LibreOffice 5.4 Writer menambahkan menu “Edit Section” dan menu “Footnotes and Endnotes” di menu konteks saat kursor berada di area konteks dan di area footnote. Sedangkan di Calc, perangkat lunak ini mampu mengingat pengaturan ekspor CSV dan juga membawa menu baru “Show All Comments” dan “Hide All Comments” di View > Comments.

Fitur lain, toolbar dengan shortcut pada Notebookbar. Shortcut ini bisa disunting melalui Tools > Customize…​ > Toolbars > Notebookbar shortcuts. Antarmuka baru ini juga akan mendukung tema, seperti di bawah ini.

LibreOffice

LibreOffice 5.4 juga meningkatkan dukungan impor gambar EMF dan vektor serta dukungan mode baca-saja (read-only) pada LibreOffice Online.

Jika Anda mengikuti sesi perburuan bug LibreOffice 5.4 nanti, Anda akan diberi tugas untuk menguji fitur-fitur baru ini. Selamat berjuang!

Ramdziana F Yustitianto

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana

You may also like...

  • Rania Amina

    Siap nyoba

  • Hans

    wait for stable version 😀