Mesa 17.1.5 Hadir, Perbaiki Performa Game Factoria pada AMD, Perbarui Driver Intel

Dikembangkan sejak beberapa pekan lalu, pembaruan kelima untuk Mesa 17.1 diluncurkan. Mesa merupakan stack grafis untuk distro-distro GNU/Linux yang menyediakan beragam driver open-source, termasuk driver Intel HD, AMD, dan Nvidia.

Mesa

Laman mesa3d.org

Andres Gomez mengumumkan rilis Mesa 17.1.5 ini via mailing list mesa-announce.

Rilis pemeliharaan ini telah memperbaiki antialias pada G45, IronLake, dan Skylake di driver i965. Bagi pengguna AMD, AMD Radeon telah membenahi masalah pembatasan alokasi VRAM yang mempengaruhi kinerja game Factorio dan memperbaiki masalah penerjemahan NIR ke LLVM. Gallium mendapatkan perbaikan, begitu juga dengan pembenahan kebocoran memori pada pustaka VA.

Bersamaan dengan itu, driver Etnaniv memperbaiki masalah kompilasi yang menyebabkan GPU mogok, driver SWR yang mendapatkan patch untuk membatasi memori dan menghindari galat OOM (Out Of Memory), dan juga WGL yang meningkatkan fungsi seleksi format piksel. Pembenahan lain pun dapat ditemukan di driver svga.

Di peluncuran ini, dukungan kompilasi via GCC lawas, di bawah versi 4.9, telah diperbaiki setelah sebelumnya sempat mengalami galat. Begitu juga dengan beberapa masalah pada compiler SPIR-V, compiler GLSL, state tracker, dan potensi crash pada Mesa Core juga dibenahi. Jadi, siapapun yang ingin mengunduh tarball Mesa 17.1.5, silakan klik tautan ini (unduhan langsung).

Ramdziana F Yustitianto

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana

You may also like...