Mesa 17.2.5 Perbaiki Driver AMD, Tingkatkan Dukungan Dota 2 Vulkan di Mode VR

Proyek stack grafis bebas/merdeka dan open-source Mesa meluncurkan versi 17.2.5 sebagai rilis pemeliharaan termutakhir untuk sistem operasi GNU/Linux. Mesa 17.2.5 hadir sekitar dua pekan sejak rilis sebelumnya, 17.2.4.

Mesa
Figure 1. Laman mesa3d.org

Versi ini meluncur sebagai rilis “sambilan” mengingat pengembang juga sedang fokus mengerjakan calon rilis baru Mesa 17.3 yang digadang-gadang hadir minggu depan dengan banyak peningkatan performa.

Rilis pemeliharaan kelima untuk Mesa seri 17.2 ini menyediakan peningkatan driver AMD Radeon RADV, yang mencakup pembenahan DCC korup pada Rust, kebocoran memori, GPU dengan Vulkan yang macet pada Dota 2 di mode VR, dsb. Selain itu, ia juga membenahi kebocoran memori pada Intel i965 serta membenahi compiler untuk driver yang sama guna menghindari potensi macet pada chip Intel Broxton.

Bersamaan dengan itu, Mesa 17.2.5 juga memperbaiki masalah kompilasi pada driver Broadcom VC4 serta memperbaiki compiler SPIR-V yang mempengaruhi beberapa game Android. Ada juga peningkatan dukungan GLSL, NIR, serta komponen Mesa Core yang membenahi kompatibilitas spesifikasi ARB_ES3_1.

Untuk mencoba Mesa 17.2.5, silakan rujuk tautan ini (unduhan langsung).

Ramdziana F Yustitianto

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana

You may also like...