Mir 0.27 dan MirAL 1.4 Meluncur, Dukung Fitur Drag-and-Drop

Pernah disinggung di kabar sebelumnya, Alan Griffiths benar-benar meluncurkan Mir 0.27. Mir adalah display server dari Canonical yang sebelumnya bakal disandingkan dengan Unity8, tetapi setelah mereka menghentikan pengembangan Unity8, Mir hanya fokus diolah untuk lingkungan IoT, walaupun ada potensi bakal menjadi komponen desktop environment tertentu.

Mir

Dokumen diskusi peluncuran Mir 1.0 tahun lalu sebelum Canonical menghentikan pengembangan Unity8

Griffiths menyebut kehadiran Mir 0.27 sebagai “rilis pengembangan sementara” yang ditargetkan untuk sistem Ubuntu 17.10 Artful Aardvark. Sebagai “rilis pengembangan sementara”, beberapa fitur penting masih dalam proses pengerjaan.

Mir 0.27 hadir dengan peningkatan versi ABI, penambahan dukungan fungsi drag-and-drop, dukungan kursor hardware di pengaturan GPU hybrid, dan fitur-fitur lainnya. Mir 0.27 adalah versi yang hadir sebelum pengembang meluncurkan Mir 1.0 yang direncanakan akan membawa dukungan client Wayland.

Di samping itu, Alan Griffiths juga meluncurkan MirAL 1.4, layer abstraksi (abstraction layer) untuk mempermudah penggunaan Mir di proyek lain. MirAL 1.4 sendiri mendukung opsi “–cursor-theme” untuk mengatur tema kursor, mendukung pesan untuk mengaktifkan drag-and-drop, dan juga menghapus dukungan Mir 0.26. Anda dapat menyimak keterangan lengkap Griffiths seputar peluncuran ini di tautan ini.

Ramdziana F Yustitianto

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana

You may also like...