Nama Kode Ubuntu 17.10: Artful Aardvark

Bagi Anda yang masih penasaran dengan nama kode Ubuntu 17.10, sekarang Anda tak perlu menebak-nebak lagi.

Setelah petunjuk awal seputar nama kode ini pertama kali muncul pertengahan bulan Maret, yang menyebutkan, nama kode Ubuntu 17.10 akan menggunakan abjad ‘AA’, kini kita tahu bahwa ‘AA’ tersebut adalah “Artful Aardvark“.

Nama kode ini terlihat di repositori Launchpad Ubuntu. Biasanya, kita dapat mengetahui nama kode Ubuntu setelah Mark Shuttleworth mengumumkannya langsung melalui laman https://www.markshuttleworth.com. Entah, sampai kabar ini ditulis, pak Shuttleworth belum melaporkan apapun seputar Ubuntu 17.10.

Sebagai tanda-tanda pengembangan, tim Ubuntu juga sudah mengunggah repositori Artful Aardvark di tautan ini.

Ubuntu 17.10 adalah rilis Ubuntu terakhir yang menggunakan Unity 7 sebagai desktop environment default sebelum ia beralih ke GNOME bulan April 2018 nanti.

Nama Artful Aardvark

Sesuai tradisi, nama kode Ubuntu disusun dari kata sifat dan nama hewan.

Aardvark

Aardvark (Flickr/MontageMan – CC BY 2.5)

Dalam bahasa Inggris, “artful” berarti cerdik dan penuh keahlian (skill). Bahasa Indonesia cenderung mengartikannya sebagai licik. Tetapi saya akan mengambil arti pertama karena Ubuntu berbasis bahasa Inggris, artinya pun lebih positif.

Sedangkan, “Aardvark” adalah mamalia nokturnal berasal dari Afrika.

Ramdziana F Yustitianto

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana

You may also like...