Netflix “Blokir” Beberapa Distro GNU/Linux, Termasuk Fedora

Bulan Maret 2017, pengguna GNU/Linux gembira, pasalnya Netflix resmi mendukung peramban Firefox untuk memainkan semua acara-acara yang disuguhkan oleh perusahaan hiburan asal Amerika ini. Sehingga untuk mengakses Netflix, pengguna Firefox di GNU/Linux tidak perlu menggunakan aplikasi semacam user agent switcher dan plugin-plgin tambahan.

Namun, ada kabar tidak menyenangkan untuk para pengguna Fedora. Dilaporkan oleh Jiri Eischmann dari proyek Fedora, pengguna Fedora tidak akan bisa memainkan Netflix tanpa Silverlight di peramban Mozilla Firefox walau sudah cukup lama Firefox 52 (versi Firefox yang didukung Netflix) hadir di distro “topi” ini.

Kasus yang terlihat seperti “Netflix memblokir Fedora” ini disebabkan oleh ‘pemblokiran’ string user agent Fedora. Menurut Eischmann, user agent default Firefox di Fedora adalah

Mozilla/5.0 (X11; Fedora; Linux x86_64; rv:52.0) Gecko/20100101 Firefox/52.0

Diterangkan di tautan ini, segala string yang dimasukkan kecuali “Fedora” tetap bisa memainkan Netflix via Firefox. Meski kemudian diralat bahwa string user agent “openSUSE”, “Debian”, dan “CentOS” juga mengalami hal sama, tetapi tidak dengan “Ubuntu” yang tetap bisa memainkan Netflix di Firefox.

Setelah Eischmann menghubungi Netflix, perusahaan ini berjanji akan segera memperbaikinya beberapa pekan lagi.

Untuk saat ini, jika Anda tidak dapat memainkan Netflix di Firefox 52, Anda bisa mengunduh addons User Agent Switcher untuk berpura-pura menjadi Google Chrome ketika mengakses Netflix.

Ramdziana F Yustitianto

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana

You may also like...