Pangsa Pasar GNU/Linux Sebagai Platform Gaming Meningkat

Pasar Steam di GNU/Linux Maret 2017

Sebulan tak menyimak perkembangan pangsa pasar platform gaming GNU/Linux, bulan Maret lalu ternyata pasar GNU/Linux meningkat.

Setiap bulan Valve mengadakan Steam Hardware & Software Survey. Seperti namanya, survei ini mengumpulkan data-data para pengguna Steam berupa kartu grafis yang dipakai, sistem operasi yang dipakai, prosesor yang dipakai, dan sebagainya. Sebagai catatan, Valve tak akan memaksa Anda menyetujui survei, Anda bisa menolaknya kapan saja Anda mau ketika permintaan survei muncul di Steam Client.

Beberapa bulan terakhir, pangsa pasar GNU/Linux terus menurun, bulan Desember 2016 persentase penggunaan Steam di GNU/Linux ditutup di angka 0,87%. Awal tahun ini, turun hingga 0,80% dan kembali turun hingga 0,75% di bulan Februari 2017.

Beruntung, bulan Maret 2017 persentase meningkat 0,02% sehingga kini pangsa pasar GNU/Linux menjadi 0,77%. Tak banyak memang, tetapi ini bisa menjadi “indikator” kesuksesan hadirnya game Civilization VI, HITMAN, dan DiRT di GNU/Linux beberapa pekan terakhir.

Apabila persentase ini dibagi, Ubuntu 16.04.2 LTS 64-bit jadi distro favorit para Linux gamer, yang disusul Ubuntu 16.10 dan Linux Mint 18.1.

Hasil survei lengkap dapat Anda simak di tautan ini.

Apa distro favorit yang Anda pakai untuk bermain game? Apakah Anda juga ikut survei bulanan ini? Silakan tuliskan komentar Anda di kolom bawah ini. 🙂

Ramdziana F Yustitianto

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana

You may also like...