Parrot Security OS 3.5 Hadirkan Dukungan Virtualbox Guest dan Perkakas Enkripsi Sistem Berkas

Pengembang distro GNU/Linux untuk pengujian penetrasi (penetration testing) berbasis Debian, Parrot Security OS, mengumumkan ketersediaan Parrot 3.5 beberapa saat yang lalu.

Parrot Security OS

Laman git Parrot Security OS

Parrot Security OS 3.5 meluncur dua bulan sejak Parrot 3.4 yang membawa fitur-fitur baru seperti GNUNet dan Freenet Installer.

Parrot Security OS 3.5 meluncur dengan dukungan virtualbox dan vmware guest secara default, begitu juga dengan virt-manager, pengelola mesin virtual KVM (Kernel-based Virtual Machine) dan LXC (Linux Containers). Ia juga hadir dengan kernel Linux LTS terbaru, 4.9.13, sebagai persiapan untuk merilis Linux 4.10 yang kini sedang sibuk mereka olah.

Tidak hanya itu, versi ini membawa paket cyptkeeper (system tray EncFS), sirikali (GUI untuk cryfs, gocryptfs, securefs, dan encfs), serta menambahkan dukungan keyboard onboad virtual, CUPS, dan desktop Cinnamon (masih eksperimental). Sebagai peramban web, Parrot Security OS 3.5 menghadirkan Firefox 51 sebagai pengganti Firefox 45 ESR dengan pembaruan plugin keamanan dan konfigurasi default.

Selain membawa pembaruan, ia juga menghapus beberapa paket seperti airmode, penmode, gtkdialog dan aplikasi-aplikasi yang menjadikannya sebagai dependensi.

Bagi yang tertarik dengan Parrot, silakan unduh berkas ISOnya di laman unduh ParrotSec.org berupa varian Full Edition, Lite Edition, atau Studio.

Bagikan:

Ramdziana F Yustitianto

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana

You may also like...