Pembaruan Penting, Tails 3.0.1 Benahi Stack Clash pada Kernel dan Libc

Tails

Pengembang Tails (The Amnesic Incognito Live System), distro GNU/Linux yang ditujukan untuk melindungi privasi pengguna, meluncurkan rilis pemeliharaan pertama untuk versi Tails 3. Tails 3 sendiri hadir pertengahan bulan Juni lalu dengan fitur baru pada Tails Greeter, aplikasi pengelola startup dan lain sebagainya.

Rilis baru ini termasuk rilis penting di mana pengguna diwajibkan untuk memutakhirkan sistem operasi Tails 3-nya ke Tails 3.0.1. Mengapa? Karena enam celah keamanan kritis yang ditemukan pada rilis sebelumnya telah di perbaiki di sini. Dua celah yang telah ditambal—​yang kami yakin tidak asing di telinga Anda—​adalah Stack Clash pada kernel Linux maupun libc.

Perbaikan lain bisa ditemukan di TOR yang menambal celah pada fitur guard family, celah pada libexpat1 yang mengizinkan penyerang melakukan DoS, dan celah pada libgcrypt20 yang mengizinkan penyerang membobol kunci RSA 1024.

Oiya, celah keamanan yang ditemukan beberapa waktu lalu pada GnuTLS yang menyebabkan pustaka ini crash juga dibenahi di sini.

Rilis Tails 3.0.1 yang memperbarui paket kernel Linux ke 4.9.30-2+deb9u2 dan TOR ke 0.3.0.9-1~d90.stretch+1 ini dapat diunduh melalui tautan ini atau melalui manajer paket apt jika Anda sudah memiliki Tails 3 sebelumnya.

Bagikan:

Ramdziana F Yustitianto

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana

You may also like...