Pengembang Berharap Mir 1.0 Hadir di Awal Siklus Rilis Ubuntu 17.10

Salah satu pengembang dari Canonical, Alan Griffiths, menyampaikan bahwa kemungkinan besar Mir 1.0 akan hadir di awal siklus rilis Ubuntu 17.10.

Di peluncuran Ubuntu 17.04 Zesty Zapus nanti belum akan ada kabar besar seputar Mir. Pengembang hanya berniat merilis perbaikan bug, Mir 0.26.2 di Ubuntu Zesty Zapus meski ada alternatif lain untuk meluncurkan Mir 0.27 yang akan membawa dukungan grafis hybrid. Namun, untuk opsi terakhir, pengembang belum yakin. “Untuk alasan ini dan alasan lain belum dipastikan apakah ada rilis 0.27 sebelum kita beralih ke 1.0,” ujar Griffiths.

Saat peluncuran Mir 1.0, pengembang akan merusak ABI mirclient dan menghapus banyak API usang. Kita tunggu saja kabar perkembangan Mir saat peluncuran Ubuntu 17.04 Zesty Zapus bulan April nanti.

Mir adalah sistem display yang dikembangkan oleh Ubuntu untuk desktop Unity 8 yang sudah ditunggu-tunggu peluncurannya oleh para pengguna. Sistem display ini ditujukan sebagai pengganti X11 dan “pesaing” Wayland.

Bagikan:

Ramdziana F Yustitianto

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana

You may also like...