Pengembangan Pemutar Musik Tomahawk Resmi Ditinggalkan

Kabar tak menyenangkan datang dari pemutar musik Tomahawk. Selama berbulan-bulan bahkan beberapa tahun terakhir pemutar musik tersebut tidak mendapatkan pembaruan berarti, di mana hal ini cukup mengkhawatirkan.

Rasa khawatir ini kemudian dikonfirmasi oleh pengembang melalui commit terbaru yang bertuliskan “Proyek ini pada dasarnya ditinggalkan“. Dengan tambahan keterangan, “tidak ada lagi yang mengerjakan ini. Tidak ada gunanya menambahkan isu baru di issue tracker ini kecuali Anda ingin memperbaikinya sendiri.”

Sedikit penjelasan seputar Tomahawk. Ia adalah pemutar musik bebas/merdeka dan open-source yang lintas-platform. Tak hanya bisa memainkan berkas musik lokal, ia juga bisa memainkan musik streaming dari SoundCloud, Beats, Spotify, YouTube, Google Music, dll.

Sebagai mantan pengguna Tomahawk, layaknya perangkat lunak bebas/merdeka dan open-source lain, saya harap ada orang yang tertarik untuk mem-fork dan melanjutkan pengembangan Tomahawk. Bukankah itu salah satu keunggulan proyek FLOSS?

Ramdziana F Yustitianto

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana

You may also like...