Pengganti GNOME Control Center, GNOME Settings Akan Hadir di GNOME 3.26

Pengembangan GNOME Control Center baru telah selesai, meski masih ada beberapa perbaikan di beberapa komponen. Dipastikan, mulai rilis GNOME 3.26 esok, perkakas ini resmi berubah menjadi GNOME Settings yang membawa rombakan antarmuka besar-besaran.

Pembaruan GNOME Control Center dimulai pada panel Mouse & Touchpad di peluncuran GNOME 3.20, yang dilanjutkan dengan panel Keyboard pada GNOME 3.22, kemudian panel Printers, Users, dan Online Accounts pada GNOME 3.24, dan ditutup dengan perubahan panel Detail, Wi-Fi, Network, dan beberapa sisi Printers pada GNOME 3.26 mendatang. Perombakan yang digarap 15 orang ini membutuhkan sekitar 18 bulan pengerjaan. Seperti yang dikatakan tadi, rombakan ini termasuk rombakan besar karena melibatkan perubahan kode hingga 30.000 baris.

Georges Stavracas, salah satu pengembang yang mengerjakan hal ini, resmi membenamkan GNOME Settings di GNOME 3.25.91. Dalam tulisan terbarunya, Stavracas memamerkan perubahan pada panel Network yang kini memiliki kolom tunggal. Lihat di bawah ini.

GNOME Settings

Panel Network pada GNOME Settings

Di rilis final 3.26, pengembang masih akan menambahkan panel baru Mobile Broadband. Selain itu, mereka juga akan meningkatkan panel Sound, Network, dan Wi-Fi.

Berikut aksi GNOME Settings yang diunggah oleh Stavracas:

Ramdziana F Yustitianto

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana

You may also like...