Perkakas untuk Live Patch Kernel, Elivepatch Sukses Dibenamkan di Gentoo

Kabar baik dari salah satu proyek GSoC (Google Summer of Code) 2017 Gentoo. Elivepatch, perkakas untuk menambal (patch) kernel secara langsung (live) berhasil dibenamkan di repositori distribusi GNU/Linux berbasis source tersebut.

Gentoo

Elivepatch dikembangkan oleh Alice Ferrazi sebagai proyek GSoC yang menerapkan fitur penambalan kernel langsung menggunakan model client/server. Perkakas ini dapat menambal dengan patch CVE secara otomatis, bahkan juga bisa melakukan penambalan secara incremental.

Elivepatch menyediakan dua paket; sys-apps/elivepatch-server dan sys-app/elivepatch-client, yang dapat dipasang dengan emerge pada Gentoo. Elivepatch-server merupakan RESTful API yang bertugas membangun patch live. Sedangkan elivepatch-client merupakan perkakas yang berjalan di komputer client untuk memasang patch live yang telah disediakan oleh server.

Contoh perintah yang dapat dijalankan untuk menambal kernel dengan patch CVE terbaru:

# elivepatch --cve --kernel <versi-kernel> --url <url-server-elivepatch:port>

Untuk melihat source code perkakas yang dibangun dengan bahasa Python dan teknologi Kpatch ini, silakan kunjungi tautan ini (elivepatch-client) dan tautan ini (elivepatch-server).

Ramdziana F Yustitianto

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana

You may also like...