Perkembangan GTK+ 4 dan Beberapa Blocker yang Harus Diselesaikan Pengembang

Di sela-sela acara GUADEC 2017 yang diselenggarakan di Manchester beberapa hari lalu, tim pengembang GTK+ sempat mendiskusikan perkembangan GTK+4 yang tengah mereka garap. “Saat itu adalah waktu yang dikhususkan untuk mendiskusikan semua yang kami inginkan dan butuhkan untuk menyelesaikan GTK+ 4,” ujar Mathias Clasen.

GTK

Ada sembilan blocker di siklus rilis GTK+ 4 yang harus segera diselesaikan oleh pengembang. Di antaranya tata letak berbasis constraint, dukungan pendefinisian status dan transisi pada berkas UI, dukungan perkakas desainer antarmuka (UI), pengonversian keyboard handling ke event controller, perenderan teks non-fallback, menyelesaikan perender GL, dukungan ciamik untuk subsurface pada GDK, penghapusan root window pada GDK, serta pembersihan kode event.

Penjelasan tentang blocker ini sangat teknis, Anda dapat menyimak secara lengkap pada tulisan Mathias Clasen di blog.gtk.org.

Sedikit yang saya sampaikan di sini, pada keyboard handling GTK+ 4 bakal mendukung fitur-fitur baru termasuk multi-key sequence seperti Ctrl-C Ctrl-X. Selain itu, GTK+ 4 juga akan memiliki dukungan teks dan font yang semakin baik. Tidak hanya itu, toolkit ini juga akan meningkatkan dukungan warna pada emoji. Pengembang telah membenamkan fitur ini pada Cairo, Fontconfig, dan Pango.

Ramdziana F Yustitianto

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana

You may also like...