Q4OS 2.4 Scorpion Dirilis, Dibangun dengan Basis Debian 9.2

Cukup lama dikembangkan, proyek distribusi GNU/Linux sekaligus upstream TDE (Trinity Desktop Environment) meluncurkan rilis mayor Q4OS 2.4. Dijuluki sebagai Scorpion, rilis ini membawa beberapa pembaruan dan perbaikan yang layak digunakan oleh para pengguna.

Q4OS
Figure 1. Q4OS Orion

Q4OS 2.4 akan menjadi rilis LTS (Long-Term Support), kata pengembang, yang akan dipelihara paling tidak selama 5 tahun dengan pembaruan paket maupun tambalan keamanan. Jika Anda tidak mengikuti perkembangan distro ini, ia adalah distro berbasis Debian dan untuk rilis Scorpion ini, ia dibangun dengan basis Debian 9.2, sehingga pembaruan-pembaruan yang diperkenalkan di rilis Debian tersebut pasti juga ditemukan di Q4OS 2.4.

Selain membawa pembaruan yang ada di Debian 9.2, Q4OS 2.4 menyediakan desktop environment TDE 14.0.5 dengan tetap menyediakan alternatif; KDE Plasma 5, Xfce, LXQt, LXDE, dan Cinnamon yang dapat dipilih melalui Desktop profiler.

Silakan kunjungi laman ini untuk mengunduh citra Q4OS 2.4. Saat ini, pengembang menyediakan arsitektur i686 (32-bit) dengan dukungan PAE dan x86_64 (64-bit). Di masa mendatang, Q4OS juga akan menyediakan arsitektur ARM 32-bit maupun 64-bit.

Ramdziana F Yustitianto

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana

You may also like...