Rekomendasikan Repositori UGM, Pembenahan Repositori BlankOn Masih Berjalan

Selama beberapa bulan terakhir, repositori BlankOn (khususnya X Tambora) terlihat masih bermasalah. Beberapa pos pertanyaan pengguna di grup BlankOn bisa menjadi gambaran masalah apa yang sedang dihadapi oleh distribusi GNU/Linux lokal ini.

BlankOn

Masalah repositori pertama kali ditemukan sekitar akhir bulan April 2017. Sekitar satu hingga dua pekan kemudian, para mantan pengembang yang tergabung di proyek Ridon menyediakan repositori alternatif di repo.ridon.id untuk membantu para pengguna yang ingin memasang aplikasi baru di BlankOn X Tambora.

Saat ini, repositori alternatif tersebut sepertinya juga tidak berjalan lancar. Pengembang BlankOn justru merekomendasikan repositori dari UGM (repo.ugm.ac.id) sebagai pengganti sementara repositori resmi BlankOn.

Sementara itu, perbaikan repositori terus dilakukan. Pengembang tengah sibuk menguji alamat repositori baru di rilis.blankon.in, khususnya untuk repositori utama. Repositori tambora-updates dan tambora-security belum akan dibangun mengingat rekonstruksi infrastruktur pengembangan masih dalam proses pengerjaan.

Dari pengujian yang dilakukan oleh Sofyan Sugianto, pengembang BlankOn lain, repositori rilis.blankon.in masih memiliki masalah. Kegagalan masih dialami pada proses apt-get update, pemasangan blankon-desktop, dan pemasangan GNOME, tapi sebaliknya, sangat lancar ketika dipakai untuk memasang Xfce4 dan Git.

Jika repositori rilis.blankon.in sudah tidak ada masalah dan sukses diimplementasikan, ia akan mengganti arsip.blankonlinux.or.id/blankon.

“Repo ini bersifat sementara, hasil pembenahan akan ditimpakan ke arsip.blankonlinux.or.id/blankon,” tutur tim Infrastruktur BlankOn, Yudha H Tejaningrat.

Ikut uji repositori

Anda dapat berkontribusi menguji repositori dengan cara menambahkan rilis.blankon.in di /etc/apt/sources.list. Non-aktifkan terlebih dahulu repositori lainnya dengan tanda pagar. Sebagai catatan, repositori ini belum cocok dipakai di mesin produksi karena berpotensi memunculkan masalah.

$ cat /etc/apt/sources.list
## Repository BlankOn X Tambora

#deb http://arsip.blankonlinux.or.id/blankon tambora main restricted extras extras-restricted
#deb-src http://arsip.blankonlinux.or.id/blankon tambora main restricted extras extras-restricted

## Repository BlankOn X Tambora Updates

#deb http://arsip.blankonlinux.or.id/blankon tambora-updates main restricted extras extras-restricted
#deb-src http://arsip.blankonlinux.or.id/blankon tambora-updates main restricted extras extras-restricted

## Repository BlankOn X Tambora Security

#deb http://arsip.blankonlinux.or.id/blankon tambora-security main restricted extras extras-restricted
#deb-src http://arsip.blankonlinux.or.id/blankon tambora-security main restricted extras extras-restricted

deb http://rilis.blankon.in tambora main

Segala masalah yang Anda temukan, silakan laporkan kepada pengembang melalui mailing list BlankOn.

Ramdziana F Yustitianto

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana

You may also like...