Rilis ISO Baru Kali Linux 2017.2, Banyak Perkakas Pentest Baru

Kemarin (20/9), Offensive Security meluncurkan pembaruan ISO Kali Linux 2017.2. “Dengan senang hati kami mengumumkan rilis Kali Linux 2017.2, kini tersedia untuk Anda unduh. Ini merupakan rilis pembaruan dan perbaikan sejak rilis 2017.1 di bulan April,” ungkap Offensive Security.

Kali Linux
Figure 1. Laman Kali Linux

Penting untuk dicatat, Kali Linux telah menjadi distribusi GNU/Linux rilis bergulir (rolling release), jadi bagi pengguna yang sudah memasang Kali Linux dengan ISO 2017.1, untuk mendapatkan pembaruan pada 2017.02 cukup jalankan perintah apt update && apt dist-upgrade.

Pembaruan di Kali Linux 2017.2

Rilis ini membawa lebih banyak perkakas pentest di repositori sehingga dapat dipasang melalui apt install. Perkakas baru yang ada di rilis ini di antaranya hurl, ssh-audit, bloodhound, phishery, apt2, dbeaver, crackmapexec, dan brutespray. Sedangkan perkakas yang mendapatkan pembaruan adalah watobo, dnsenum, jd-gui, wpscan, burpsuite, dll.

Masalah pada berkas binary perkakas SMBmap juga dibenahi di sini. Sebelumnya, untuk menjalankan smbmap.py Anda harus memanggil python lebih dulu.

$ python smbmap.py ...

Dengan pembaruan ini, Anda hanya perlu menjalankan perintah smbmap layaknya perkakas lainnya.

$ smbmap ...

Jika Anda baru ingin memasang Kali Linux, citra ISO distro ini bisa diperoleh melalui kali.org.

Ramdziana F Yustitianto

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana

You may also like...

  • Fredik Stefan

    cara upgrade lewat terminal tanpa install ulang gimana bang?

    • Seperti yang sudah disampaikan di atas, pakai apt update && apt dist-upgrade