Rilis Minor Krita 3.3.1 Perbaiki Regresi Dukungan Berkas .kra

Tepat hari Rabu, 11 Oktober, proyek Krita meluncurkan versi baru Krita 3.3.1 yang merupakan rilis minor dan rilis perbaikan bug pertama untuk seri 3.3. Jika Anda masih terasa asing dengan Krita, ia adalah perangkat lunak untuk melukis secara digital (digital painting).

Krita
Figure 1. Laman krita.org

Jangan dianggap remeh. Krita termasuk peralatan profesional yang dipakai cukup banyak orang untuk menelurkan karya-karya kerennya, salah satunya David Revoy yang memanfaatkan Krita di samping Inkscape untuk menggarap komik Pepper&Carrot.

Ada dua regresi penting yang telah diperbaiki di rilis Krita 3.3.1 yakni crash yang terjadi saat pengguna ingin memulai ulang Krita setelah menutupnya denga pengaturan floating pada reference images docker serta tidak mampunya Krita 3.3.0 membaca berkas backup .kra.

Selain itu, Krita 3.3.1 juga mendapatkan peningkatan performa, peningkatan fitur tampilan saat proses drag-and-drop layer, pembenahan kebocoran memori pada selector warna, serta penambahan slider kontras dan kecerahan layar untuk textured brush maupun penambahan fitur paste-at-cursor.

Tanpa perlu menunggu kehadirannya di repositori GNU/Linux, Anda dapat langsung mencicipi rilis anyar ini dengan mengunduh berkas AppImage-nya di tautan ini (khusus 64-bit).

Ramdziana F Yustitianto

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana

You may also like...