Sebagai Alternatif Systemd, Parabola GNU/Linux Siapkan Edisi Baru OpenRC

Parabola GNU/Linux merupakan distribusi GNU/Linux yang resmi di-endorse oleh FSF. Distribusi ini dibangun di atas kernel GNU/Linux-libre dengan basis Arch Linux.

Parabola

Sebagai distribusi berbasis Arch Linux, tentu saja sistem dasar yang dipakai mengikuti Arch Linux, termasuk penggunaan systemd sebagai sistem init dan pengelola lingkungan userspace. Meski begitu, ternyata cukup banyak pengembang dan pengguna Parabola yang lebih memilih sistem init OpenRC. Dengan pertimbangan itu, Parabola menyediakan edisi Parabola Edisi OpenRC.

“Semenjak cukup banyak pengembang dan pengguna Parabola lebih memilih menggunakan sistem init OpenRC alih-alih systemd, yang merupakan init default, kami bangga mengumumkan rilis pertama ISO Parabola GNU/Linux-libre Edisi OpenRC,” ujar David via parabola.nu.

OpenRC sendiri merupakan sistem init dan pengelola servis yang dibangun oleh proyek Gentoo Linux sebagai init default distro tersebut. Semakin ke sini, semakin banyak proyek distro GNU/Linux yang menerapkan sistem init ini.

ISO Parabola edisi OpenRC masih dalam tahap Beta dan belum dirilis secara resmi, mengingat masih ada masalah-masalah yang perlu dibenahi. Anda dapat mengunduh ISO beta melalui wiki Parabola.

Selain kabar seputar edisi OpenRC, pengembang juga akan mengganti desktop environment pada ISO dari MATE ke LXDE karena bug yang ditemukan pada implementasi Caja dan menyediakan Calamares sebagai alat instalnya untuk memudahkan para pemula.

Ramdziana F Yustitianto

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana

You may also like...