Semakin Mudah Berkontribusi di Proyek GNOME dengan GNOME Builder dan Flatpak

Lebih mudah jadi kontributor GNOME!

Tidak percaya? Carlos Soriano dari GNOME baru saja membawa kabar gembira. Dalam tulisan blognya, ia menyatakan langkah-langkah kontribusi di GNOME semakin mudah.

Selama ini, Soriano sibuk mengembangkan sesuatu yang diharapkan memperindah masa depan kontribusi di GNOME. Dan akhirnya, sesuatu ini hadir dan menyapa para calon kontributor salah satu proyek perangkat lunak bebas/merdeka dan open-source terbesar ini.

‘Sesuatu’ yang dimaksud oleh Soriano adalah fitur baru di IDE GNOME Builder yang mengijinkan kontributor untuk mengklon repositori kode aplikasi open-source. “Tak perlu distribusi tertentu. Tak perlu versi tertentu. Tanpa dependency hell. Reproducible, jika dia berhasil saya build, ia juga akan sukses Anda build. Semua dengan UI dan terintegrasi, tanpa perlu memakai terminal,” tambahnya.

Seperti yang Anda lihat di gambar bawah ini. Pengguna IDE GNOME Builder bisa memencet tombol clone lalu memasukkan repositori kode git yang ingin diklon. Setelah itu, pengguna bebas untuk mem-build atau langsung menjalankan hasil klona (clone) kode.

Proses tersebut hanya memakan waktu di bawah lima menit saja, dari mengunduh sampai mem-build kode.

Kata Soriano, fitur ini berhasil dibangun atas kerja sama dengan pengembang Flatpak, Alex Larsson, dan pengembang GNOME Builder, Christian Hergert. “[..] keduanya bekerja bertahun-tahun nonstop di teknologi ini, tanpa keuntungan jangka pendek,” katanya.

Berikut gambar langkah-langkah untuk mengklon repositori kode aplikasi dengan IDE GNOME Builder.

GNOME Builder
GNOME Builder
GNOME Builder

Bagikan:

Ramdziana F Yustitianto

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana

You may also like...

  • Ali

    Gnome Builder emang Bagus nih Pak Haje..
    Ane sendiri pake itu.. buat bikin aplikasi pake GTK+ meskipun cuma “helo world” doang 🤣😂
    Tapi waktu kontribusi Gnome Pomodoro pake itu kok.. enak..

    • Wah, di situsali.com belum pernah ditulis ya om? Padahal bisa jadi rujukan itu, beneran 😁