Sempat Bermasalah, Repositori BlankOn Hampir Selesai Diperbaiki

Satu pekan terakhir pengembang BlankOn disibukkan dengan pembenahan masalah repositori. Bagi pengguna BlankOn yang dalam kurun waktu satu minggu tidak bisa mengakses repositori, harap maklum.

Masalah ini pertama kali disampaikan oleh manajer rilis BlankOn XI Uluwatu, Estu Fardani, tanggal 24 April melalui mailist BlankOn. “Melalui surel ini kami mengumumkan bahwa ‘Repository Blankon sementara tidak bisa diakses untuk pemeliharaan pada tautan arsip.blankon.in dan arsip.blankonlinux.or.id’ akibat kegagalan sistem IRGSH.'”

IRGSH merupakan lingkungan build farm atau compile farm yang dipakai pengembang untuk membangun paket-paket BlankOn.

Kabar baik. Pembenahan ini hampir menemui titik cerah setelah pengembang merilis cermin (mirror) snapshot baru http://snapshot.arsip.blankonlinux.or.id. Selanjutnya, repositori snapshot yang diambil dari snapshot.debian.org ini akan dipakai untuk merekonstruksi repositori Tambora. “Saat ini tim pengembang sedang mencoba memasukkan paket khas ke lumbung rekonstruksi yang didasarkan dari tambora-base ini,” tutur Herpiko Dwi Aguno.

Bagi Anda pengguna BlankOn X Tambora yang ingin ikut membantu pengujian repositori tersebut, Anda bisa menambahkan skrip di bawah ke dalam /etc/apt/source.list:

deb http://snapshot.arsip.blankonlinux.or.id/tambora-base tambora main restricted extras extras-restricted

Anda disarankan untuk mengujinya dengan cara memasang paket secara acak, baik amd64 maupun i386, di BlankOn X Tambora. Jika Anda menemui masalah, silakan laporkan masalah tersebut melalui mailing list BlankOn. Penting dicatat, repositori ini belum cocok untuk dipakai di sistem produksi karena berpotensi memunculkan masalah yang tak terduga.

Ramdziana F Yustitianto

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana

You may also like...

  • Fadly

    Min, ada link untuk download torrent iso blankon ?