Solus Perbaiki Edisi GNOME, Epiphany, dan Kembangkan Perkakas Baru

Solus

Sejak peluncuran ISO Snapshot 2017.04.18.0, Solus Project telah memperbaiki masalah dan memperbarui beberapa paket di distribusi GNU/Linux ini.

Seperti yang disampaikan oleh mereka, salah satu perbaikan yang dimaksud adalah penonaktifan Wayland pada edisi GNOME. Hal ini menyusul beberapa pengguna yang tidak bisa melakukan login pasca logout dari sesi Wayland. Perbaikan lain juga ditemukan pada user-agent Epiphany yang tak bisa diubah lewat dconf-editor.

Pembaruan bisa ditemukan pada kernel Linux 4.9.24, perkakas ypkg v21, dan libgit2 pada solbuild. Selain itu, pembaruan juga ada di peramban Firefox 53, Vivaldi-snapshot 1.9.818.22, Caja 1.18.2, GNOME Builder 3.24.1, gitg 3.23.90, Kdenlive 17.04.0, Qt Creator 4.2.2, SMPlayer 17.04, uget 2.0.9, Solus-hardware-config v13, dll.

Kembangkan daemon ferryd dan perbarui Cuppa

Selain beberapa perbaikan dan pembaruan, Solus Project telah mengembangkan daemon ferryd. Daemon ini ditujukan untuk membantu kinerja perkakas Binman (pada ypkg), perkakas untuk menyinkronkan repositori unstable dan stable Solus.

“Repositori (Solus) tumbuh secara dramatis sejak desain awal binman, dan hasilnya, binman menyebabkan proses sinkronisasi lambat, dengan (waktu) sinkronisasi ISO snapshot selama 104 menit dan (menyebabkan) penundaan rilis,” ungkap Joshua Strobl. “Untuk memperpendek waktu sinkronisasi dan ketersediaan paket, dan juga meningkatkan infrastruktur untuk pemelihara komunitas, kami mengembangan ferryd.”

Pengembang Solus memanfaatkan perkakas Cuppa untuk melacak pembaruan paket. Menurut rencana, mereka akan memperbarui perkakas tersebut mengingat Cuppa akan menyediakan banyak perbaikan dan pembaruan, seperti dukungan BitBucket, Crates.io, scraping HTML, dukungan pelacakan upstream GNOME dan KDE, serta memperbaiki penanganan inkonsistensi pemversionan pada Launchpad.

Tentu. Para pengguna akhir tak perlu memikirkan “keruwetan” dua perkakas ini, ferryd dan Cuppa ditujukan untuk internal Solus Project, bukan pengguna akhir.

Ramdziana F Yustitianto

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana

You may also like...