System76 Nonaktifkan Intel Management Engine di Produk-produknya

Di balik fitur baru, perusahaan Intel mengakui bahwa firmware Intel Management Engine yang mereka benamkan di produk prosesor mereka, memiliki kerentanan mayor. Oleh karena itu, para produsen atau distributor komputer tengah sibuk berusaha mengatasi hal tersebut dengan “beberapa” cara.

Pop!_OS

System76 salah satunya. Dari keterangan System76 beberapa waktu lalu, mereka menegaskan bahwa akan menonaktifkan ME di setiap proses pembaruan firmware pada perangkat komputer yang mereka distribusikan. Untuk menonaktifkan “fitur” tersebut, System76 memanfaatkan pengaturan tak terdokumentasi dengan mengubah nilai bit ke 1 pada pengaturan reserve_hap.

Beberapa laptop yang akan mendapatkan pembaruan firmware untuk menonaktifkan ME adalah laptop Intel generasi 6 (Bonobo, Gazelle, Kudu, Lemur, Oryx dan Serval), Intel generasi 7 (Bonobo, Galago, Gazelle, Kudu, Lemur, Oryx, dan Serval), serta Intel generasi 8 (Bonobo, Galago, Lemur, dan Serval). Sedangkan untuk komputer desktop di antaranya Intel generasi 6 (Meerkat, Ratel, Sable, dan Wild Dog), Intel generasi 7 (Leopard, Meerkat, dan Wild Dog).

Jika Anda memiliki System76 dan ingin memperbarui firmware, pastikan Anda menggunakan Ubuntu 16.04 LTS, Ubuntu 17.04, Ubuntu 17.10, dan turunannya, termasuk Pop!_OS 17.10. Namun, distributor komputer ber-GNU/Linux tersebut sedang berusaha menjadikan perkakas untuk memperbarui firmware sebagai perkakas distro-agnostic (tidak tergantung dengan distro tertentu, semua bisa menggunakannya).

Bagikan:

Ramdziana F Yustitianto

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana

You may also like...