Tim Qt Luncurkan Qt 5.9.2 dan Qt Creator 4.4.1

Beberapa hari yang lalu, proyek Qt meluncurkan rilis pembaruan kedua untuk seri 5.9.

Qt
Figure 1. Laman qt.io

Tuukka Turunen dari The Qt Company, dalam blog qt.io menyampaikan, “saya senang mengumumkan bahwa Qt 5.9.2 dirilis hari ini (6/10). Ia berisi banyak pembenahan bug dan peningkatan pada branch Qt 5.9.”

Dirinya juga menambahkan, Qt 5.9.2 fokus pada pembenahan bug dan peningkatan performa, sehingga tidak ada fungsionalitas baru yang diperkenalkan di sini. Tiga ratus perbaikan bug yang dibenamkan di rilis ini termasuk pada QtBase, Qt3D, QtVirtualKeyboard, QtWebView, QtSVG, QtSensors, QtCanvas3D, QtGraphicalEffects, QtQuickControls, QtQuickControls 2, dll.

Bersamaan dengan itu, Eike Ziller mengumumkan Qt Creator 4.4.1, Integrated Development Environment (IDE) untuk membangun aplikasi berbasis Qt. Seperti Qt 5.9.2, rilis Qt Creator 4.4.1 juga hanya berisi pembenahan bug, terutama pada fungsi Add Existing Files dan QML prifiling. Di sisi lain, IDE ini juga meningkatkan dukungan Android yang menyesuaikan Android SDK 26.1.1.

Untuk mengunduh keduanya, Anda dapat menunggu hadirnya Qt dan Qt Creator di repositori distro atau melalui laman resmi qt.io.

Ramdziana F Yustitianto

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana

You may also like...