Tingkatkan Pengalaman Gaming, Solus Bangun Paket Snap Linux Steam Integration dan Steam

Solus memiliki proyek keren bernama Linux Steam Integration (LSI) yang mampu menyempurnakan jalannya Steam Client dan game-game Steam di komputer Anda. LSI ini mampu memperbaiki masalah pada beberapa game dengan memaksa Steam berjalan di mode 32-bit dan memaksa Steam menggunakan runtime bawaan.

Linux Steam Integration
Figure 1. LSI (solus)

Namun, sayangnya ia baru hadir secara out-of-the-box di distro Solus. Pengguna Arch Linux dan Fedora bisa memasangnya dari repositori pihak ketiga, itupun belum bisa dijamin apakah langsung berjalan lancar, sedangkan pengguna distro lain harus meng-compile-nya dan mengonfigurasinya sendiri. Sungguh merepotkan!

Untuk mengatasi hal demikian, pengembang Solus mulai membenamkan LSI bersama paket Steam pada paket Snap dan dijuluki sebagai solus-runtime-gaming. “Ini adalah usaha berkelanjutan untuk memproduksi snap yang menyediakan Steam client, proyek Linux Steam Integration, dan paket-paket Solus untuk membuat varian ‘aplikasi universal’ Steam yang sebenarnya, yang mampu berjalan dengan cara sama di distribusi Linux apapun, sambil melakukan mitigasi pada beragam masalah runtime,” kata Manajer Komunikasi Solus, Joshua Strobl dalam pos mingguan.

Solus-runtime-gaming memanfaatkan base snap, sebuah fitur anyar yang baru saja diperkenalkan di snapd, yang mengizinkan layer dasar aplikasi snap bergantung pada snap bawaan distro non-Ubuntu. Menurut pengembang, paket snap tersebut adalah versi mini dari Solus yang membawa Mesa, glibc, SDL, dan beberapa komponen grafis termasuk tema GTK yang sudah teroptimasi. Sehingga ketika Anda menggunakan snap solus-runtime-gaming di distro apapun terasa seperti menjalankan LSI di Solus.

Snap solus-runtime-gaming mendukung driver open-source maupun proprietari (termasuk Nvidia), mendukung Vulkan, dan AVX2 pada glibc.

Paket snap masih di tahap pengujian

Saat kabar ini ditulis, solus-runtime-gaming belum dirilis sebagai versi stabil, pengembang masih sibuk menguji apakah perkakas ini lancar digunakan pada beberapa game.

Strobl menjelaskan, Solus menguji lebih dari 70 judul game, 60 di antaranya dapat berjalan normal, sisanya masih dalam proses. Beberapa game yang dipastikan berjalan lancar di solus-runtime-gaming adalah Civilization V dan VI, CS (termasuk Condition Zero dan Source), Half Life dan Half Life 2: Episode 2, Left 4 Dead 2, Payday 2, Team Fortress 2, Awesomenauts, dll (daftarnya bisa dilihat di sini).

Jika Anda tertarik ikut menguji solus-runtime-gaming silakan ikuti caranya via tautan ini. Pastikan, distro tempat Anda menguji sudah mendukung Snap.

Ramdziana F Yustitianto

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana

You may also like...