Torvalds Umumkan Kandidat Rilis Pertama Linux 4.13

Kabar Linux

Merge window Linux 4.13 resmi ditutup. Dengan ini, Linus Torvalds mengumumkan versi kandidat rilis pertama untuk Linux “mainline” tersebut. Kehadiran Linux 4.13-RC1 lebih cepat dari sebelumnya. Yang biasanya hadir hari Minggu waktu setempat, kini rilis tersebut hadir hari Sabtu waktu setempat.

“Ok, secara normal saya melakukannya pada Minggu siang, namun adakalanya hal itu terjadi sehari lebih cepat seperti sekarang untuk menghindari orang-orang yang bermain waktu dengan saya,” jelas Torvalds via Linux Kernel Mailing List.

Tidak ada hal menonjol di peluncuran ini, hanya saja perubahan kode didominasi oleh berkas header AMD GPU dan sisanya adalah pembaruan pada driver, arsitektur, inti kernel, core networking, tooling, dan lain sebagainya. Dilihat dari merge window kemarin, Linux 4.13 bakal membawa banyak pembaruan termasuk dukungan AMDGPU Raven Ridge, pembaruan sistem berkas F2FS dan EXT4, dukungan perangkat keras HID baru, peningkatan dukungan ARM, dsb.

Untuk mengunduh tarball, seperti biasa, silakan kunjungi laman www.kernel.org.

Ramdziana F Yustitianto

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana

You may also like...