UBports Akan Dukung Semua Perangkat Lawas Kecuali Pro 5 dan M10

UBports

Melanjutkan informasi seputar proyek UBports ke depan, komunitas yang “bertugas” mem-port Ubuntu Touch ke banyak perangkat mobile ini kembali mengadakan sesi tanya jawab (Q&A) dan merilis informasi-informasi tambahan di blog UBports.

Cukup banyak informasi menarik, seperti UBports akan tetap mendukung semua perangkat lawas yang pernah mereka dukung dengan perbaikan bug dan peningkatan keamanan, kecuali Pro 5 dan M10. Besar kemungkinan, proses pemutakhiran perangkat ini dilakukan dengan me-reflash perangkat. Namun, bagi calon pengguna yang ingin memeroleh Ubuntu phone baru, UBports merekomendasikan perangkat Nexus 5, Fairphone 2, atau OnePlus One.

UBports juga membocorkan OpenStore yang akan mereka kelola, yakni di openstore.ubports.com. Untuk saat ini, OpenStore UBports belum selengkap OpenStore Canonical, karena UBports tidak bisa memindahkan langsung aplikasi dari OpenStore Canonical ke milik mereka. Proses peralihan ini mengandalkan pengembang yang harus mem-fork dan menempatkannya ke OpenStore UBports secara manual.

Mengenai kode core apps Ubuntu Touch, UBports memastikan bahwa mereka akan beralih ke GitHub.

Meskipun pengembang mengalihkan Unity 8 ke Wayland, mereka ingin membangun Mir yang mampu berjalan di atas Wayland supaya ke depannya sistem mereka lebih fleksibel, seperti kemampuan untuk bersanding dengan Yunit. Dan seperti yang diungkapkan Marius Gripsgård sebelumnya, Ubuntu Touch mereka akan mendukung Anbox.

Anda juga bisa menonton sesi tanya jawab ini di video bawah ini.

Ramdziana F Yustitianto

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana

You may also like...