UBports Luncurkan Pembaruan Ubuntu Touch OTA Pertama untuk Pengguna

Sesuai janji pengembang UBports untuk terus mempertahankan dan mengembangkan sistem operasi Ubuntu Touch, beberapa waktu yang lalu mereka meluncurkan pembaruan stable OTA (Over The Air) pertama untuk pengguna.

Untuk saat ini, OTA-1 Stable dari UBPorts mendukung semua perangkat yang disebutkan sebelumnya kecuali Nexus 4 dan Nexus 5. Baik Nexus 4 dan Nexus 5 akan mendapatkan pembaruan ini nanti, menyusul regresi yang ditemukan pada battery meter pada Nexus 5. Sedangkan Nexus 4 adalah perangkat yang dijanjikan untuk didukung namun terpisah dari daftar perangkat sebelumnya. Dalam statusnya, Nexus 4 masuk daftar Legacy Devices.

Menurut pengembang, OTA-1 berisi peragam pembenahan bug dan peningkatan fitur, seperti dukungan eksperimental AGPS, tambahan aplikasi UBports Welcome, OpenStore, dan Terminal serta File Browser yang terinstal pertama kali secara default.

Kabar penting lain, UBports menyatakan, proyek standardisasi layer kompatibilitas perangkat Android pada distro-distro GNU/Linux—​Halium—​meningkat pesat. Sekarang proyek ini berhasil menjalankan Ubuntu Touch dan Plasma Mobile di Nexus 5, begitu juga mem-boot Plasma Mobile di Fairphone 2.

Omong-omong, proyek UBports juga berterima kasih kepada para patron dan sponsor yang membantu mendanai proyek mereka. Saat kabar ini ditulis, UBports mendapatkan pendanaan sebesar 1.696 USD atau 23 juta rupiah perbulan dari 159 patron. Anda juga bisa ikut mendanai proyek tersebut melalui patreon.com.

Pengembang pamerkan fitur konvergensi

Dalam video di bawah ini Marius Gripsgård pun memamerkan fitur konvergensi (convergence) pada Ubuntu Touch. Tepatnya di menit 38:00.

Ramdziana F Yustitianto

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana

You may also like...

  • Ajib

    kok tidak bisa play video

    • UBports tidak mengizinkan kita nonton video mereka dari situs lain selain YouTube. Kalau mau nonton video di atas, klik saja judulnya, otomatis akan dituju ke YouTube