Untuk Menguji Perangkat Lunak KDE, KDE Neon Tersedia Sebagai Paket Docker

KDE neon

Laman repositori KDE neon di Docker

Masih mengenai KDE neon, bersamaan dengan peluncuran berkas ISO KDE neon Plasma Wayland, Jonathan Riddell juga merilis KDE neon Docker Beta, usaha untuk menyajikan sistem operasi ini dalam bentuk docker.

KDE Neon Docker ditujukan untuk pengguna/pengembang yang ingin menguji KDE neon tanpa perlu menginstalnya di mesin virtual atau melakukan dual boot.

“Jadi hari ini saya umumkan KDE neon di Docker beta. Kontainer Docker merupakan cara ringan untuk membuat sistem virtual yang berjalan di atas sistem normal Linux Anda tetapi dengan sistem berkas miliknya sendiri dan lainnya untuk mencegahnya mengubah-ngubah sistem operasi utama Anda,” tutur Riddell. “Ia sangat populer di lingkungan server tapi saya pikir ia mampu berjalan cukup baik untuk memeriksa lingkungan desktop dan pengaturan UI.”

Bagi yang ingin mencoba KDE neon Docker, pengembang menyediakan dua repositori; kdeneon/plasma (sebesar 2GB) dan kdeneon/all (sebesar 4GB), dengan isi paket Developer Unstable & Stable dan User & LTS.

Riddell menjelaskan beberapa perintah untuk menjalankan sesi Plasma di atas Xephyr dan menjalankan satu aplikasi saja melalui docker di tulisan ini. Repositori KDE neon Docker sendiri ada di https://hub.docker.com/u/kdeneon/.

Ramdziana F Yustitianto

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana

You may also like...