Wayland Terinstal Secara Default di KDE Neon Developer Unstable Edition

Semakin banyak pengembang yang optimis dengan Wayland, display server anyar kandidat pengganti Xorg, dapat dipakai untuk komputasi sehari-hari. Oleh karena itu, tim pengembang KDE neon membuat gebrakan untuk menjadikan Plasma Wayland terinstal secara default di KDE neon Developer Unstable.

Sebagai catatan, Plasma Wayland ini terinstal secara default, alih-alih berjalan secara default, sehingga untuk menggunakannya pengguna perlu keluar dari sesi X kemudian pilih sesi Wayland lalu login kembali.

Berkas ISO KDE neon Developer Unstable dapat diunduh melalui tautan ini. Untuk mencoba Plasma Wayland pasca instalasi, Anda dapat memilih sesi Wayland sebelum login menyusul Calamares yang tidak berjalan di Wayland karena perlu diakses sebagai root.

Walaupun cukup siap dipakai untuk aktivitas komputasi sehari-hari, tim KDE neon tidak tergesa-gesa. Plasma Wayland tidak akan berjalan secara default di KDE neon sebelum ia didukung oleh mayoritas pasar GPU di dunia. Secara teori, mungkin bisa dibuat skrip yang mampu mendeteksi kartu grafis yang tidak mendukung Wayland lalu secara otomatis mengembalikan sistem ke X11, tetapi itu terlalu kompleks dan sulit.

Jika Anda sudah mencoba Plasma Wayland di KDE neon Developer Unstable Edition, silakan berbagi kesannya di bawah ini. 😉

Ramdziana F Yustitianto

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana

You may also like...