Windows “Versi” FLOSS ReactOS 0.4.7 Dirilis, Perbaiki Application Manager dan Fitur Recycle Bin

Buat para penikmat “versi” FLOSS dari sistem operasi Windows, beberapa waktu lalu tim ReactOS meluncurkan rilis baru 0.4.7. Versi anyar ini merupakan rilis termutakhir yang digarap sekitar tiga bulan sejak ReactOS 0.4.6 yang diumumkan bulan September lalu.

ReactOS

Rilis ReactOS 0.4.7 juga menjadi rilis pertama yang kodenya dipublikasikan di repositori Github, dari yang sebelumnya di repositori milik sendiri dengan sistem kontrol versi Subversion. Karena Github sendiri sudah menjadi “standar” proyek FLOSS, pengembang yakin peralihan ini menjadi pemicu hadirnya pengembang dan penguji baru.

“Pindah dari Subversion ke Github telah terbukti menjadi cara yang sangat berharga untuk menjangkau para penguji, pengguna baru, dan meningkatkan kesadaran akan proyek ReactOS secara keseluruhan,” ujar vicmarcal, salah satu pengembang ReactOS.

ReactOS 0.4.7 telah meningkatkan dukungan fitur style Windows XP, dukungan ekstensi Shell dan quick launch ekstensi Shell. Quick launch dapat ditemukan pada kiri bawah desktop. Selain itu, ia juga membawa perbaikan bug Clipboard, Recycle Bin, fungsi copy/paste folder, fungsi menghapus berkas/folder dengan menyeretnya ke Recycle Bin pada manajer berkas, dan sebagainya.

Rilis ini juga meningkatkan dukungan perangkat keras, termasuk dukungan driver sistem berkas CDFS/ISO-9660 dan driver HDAUDBUS.

Meskipun belum menyentuh rilis 1.0, ReactOS 0.4.7 termasuk rilis besar mengingat ia juga membawa banyak fitur baru pada Application Manager. “Sekarang Anda dapat memasang beberapa perangkat lunak dari Rapps secara massal dan pengunduhan akan selesai di background yang memastikan Anda tetap dapat mengunakan aplikasi sewaktu proses instalasi (aplikasi) berjalan,” terangnya. Di samping itu, peningkatan kompatibilitas game-game retro juga diperkenalkan di sini.

Dalam pos pengumuman di ReactOS.org, terlihat bahwa sistem operasi ini mampu menjalankan LibreOffice 5, peramban Google Chrome, Firefox pra-Quantum, Opera Presto (versi 12.x dan di bawahnya), serta K-Meleon.

LibreOffice di ReactOS
Gambar 1. LibreOffice di ReactOS 0.4.7 (reactos.org)

Jika Anda ingin melihat penjelasan pembaruan lengkap, termasuk pembaruan kernel, mengenai ReactOS 0.4.7 silakan rujuk laman ini. Jika ingin mendapatkan citra ISO-nya, Anda juga dapat mengujungi laman yang sama pada bagian Downloads.

Bagikan:

Ramdziana F Yustitianto

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana

You may also like...

  • Teguh Broadway

    ReactOS blm rilis stabil ya?