Wine 2.21 Tingkatkan Dukungan Direct3D dan Game The Witcher 3

Perangkat lunak kompatibilitas layer Windows untuk sistem operasi mirip-Unix, termasuk GNU/Linux, menghadirkan Wine 2.21 sebagai rilis pengembangan menuju Wine stabil selanjutnya.

Wine

Wine merupakan perangkat lunak yang dapat dipakai oleh pengguna GNU/Linux untuk menjalankan aplikasi-aplikasi Windows. Meski begitu, tidak semua aplikas Windows dapat dijalankan melalui Wine karena level kompleksitasnya berbeda-beda. Anda dapat memeriksa apakah aplikasi tertentu yang ingin dipakai berjalan lancar atau tidak melalui laman AppDB Wine.

Di peluncuran Wine 2.21, pengembang telah memperbarui dan memperbaiki beberapa komponen, termasuk memperbarui dukungan Direct3D, deteksi serial port pada Linux, meningkatkan dukungan metafile yang lebih banyak pada GdiPlus, dan penskalaan DPI pada Shell Explorer. Di samping itu juga memperbaiki dukungan arsitektur ARM, memperbaiki servis pada WoW64, dsb.

Perbaikan juga dapat ditemukan pada dukungan aplikasi/game, di antaranya The Witcher 3, Hydro Thunder from Midway Arcade Treasures 3, Medusa Demo, dan Keepass2.

Anda dapat mengunduh tarball Wine 2.21 melalui tautan ini (unduhan langsung). Atau jika Anda lebih menyukai git, source code Wine bisa diperoleh dengan perintah,

$ git clone --depth=1 git://source.winehq.org/git/wine.git

Ramdziana F Yustitianto

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana

You may also like...