Benahi Bug Perusak BIOS/UEFI, Canonical Rilis Ulang ISO Ubuntu 17.10

Seperti yang dijanjikan beberapa hari lalu, Canonical benar-benar meluncurkan ulang citra ISO 17.10 yang sempat memiliki bug mengkhawatirkan.

Ubuntu

Sebelum tutup tahun 2017, seorang pengguna Ubuntu di laptop Lenovo menemukan bug pada Ubuntu 17.10 yang menyebabkan BIOS/UEFI laptop rusak sehingga tidak lagi dapat menyimpan pengaturan. Efeknya, fungsi seperti boot ke USB tak bisa dilakukan.

Setelah diteliti, bug ditemukan pada driver Intel SPI pada kernel. Beberapa pengguna sudah melakukan workaround untuk mengatasi hal ini, sebagian sukses, tapi tak sedikit juga yang gagal.

Tenang saja, kini Anda tak perlu lagi melakukan workaround (cara-cara sementara) yang belum tentu bisa berjalan baik mengingat Canonical resmi menerbitkan ulang citra Ubuntu ISO 17.10 Artful Aardvark.

Perlu dicatat, tidak hanya ISO utama (Ubuntu), varian-variannya (flavors) juga meluncurkan ISO baru, termasuk Lubuntu, Xubuntu, Kubuntu, Ubuntu MATE, Ubuntu Studio, Ubuntu Kylin, dan Ubuntu Budgie. Oiya, citra ini belum membenamkan mitigasi Meltdown maupun Spectre.

Kabar Linux akan segera memperbarui tautan unduhan di halaman unduh Ubuntu secepatnya.

Bagikan:

Ramdziana F Yustitianto

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana

You may also like...