Berbagi Layar Terminal dengan Mudah Menggunakan RemoteShare.xyz

Di era kekinian, para pengguna GNU/Linux Indonesia mulai sering berbagi ilmu melalui kuliah daring (termasuk “kulgram” di Telegram) maupun kursus-kursus lewat IRC dan forum tertentu. Sayangnya selama ini, proses kuliah daring masih terkesan tradisional: menyampaikan materi, dilanjutkan dengan menyontohkan perintah CLI tertentu yang dapat dicoba oleh pengguna di komputer mereka sendiri.

Salah satu pemrogram dan pegiat GNU/Linux lokal, Nif Kurniawan, melihat kekurangan ini sehingga kemudian meluncurkan proyek RemoteShare.xyz. RemoteShare.xyz sendiri merupakan proyek yang memanfaatkan perkakas terminal multiplexer semacam GNU Screen dan Tmux, yang berpotensi meningkatkan kualitas proses “kuliah”.

“Di komunitas GNU/Linux di Indonesia, saya melihat banyak rekan-rekan yang bersemangat berbagi ilmu melalui kuliah-kuliah bebas, baik itu di telegram (kulgram), IRC, forum, blog, dll. Saya berharap RemoteShare.xyz dapat menjadi media yang membantu mempermudah dan memfasilitasinya,” kata Nif Kurniawan saat menghubungi Kabar Linux kemarin.

Jika Anda masih terasa asing dengan nama Nif Kurniawan, ia adalah pengembang perkakas Alldeb.net.

RemoteShare.xyz
Gambar 1. RemoteShare.xyz (Nif Kurniawan)

Apa itu RemoteShare.xyz?

RemoteShare.xyz merupakan media untuk berbagi akses terminal secara remot. “Project ini bertujuan menjadi hub untuk sharing sesi terminal secara remote“, terang Nif. Proyek ini sangat cocok digunakan untuk mendemokan perintah CLI untuk disimak oleh orang lain secara langsung atau real time maupun untuk berkolaborasi dengan pengguna GNU/Linux (atau sistem operasi mirip-Unix) lain.

Seperti yang sempat kami singgung sebelumnya, fitur ini mudah dilakukan dengan menggunakan GNU Screen atau Tmux. Tetapi, lanjut Nif, sayangnya fitur itu masih cukup jarang diketahui dan dimanfaatkan pengguna GNU/Linux. Proyek RemoteShare.xyz berniat untuk mengangkat fitur keren tersebut.

RemoteShare.xyz menyediakan dua mode; mode pairing yang cocok dipakai untuk berkolaborasi dan mode view-only yang cocok dipakai untuk keperluan mendemonstrasikan contoh perintah CLI.

Cara menggunakan RemoteShare.xyz

Jika Anda penasaran dengan bagaimana cara menggunakan RemoteShare.xyz, Nif Kurniawan menyediakan akses demo SSH host maupun view untuk Anda jajal sendiri. “Host” dapat memiliki akses penuh, pas untuk mode pairing maupun untuk menjadi presenter dalam mode view-only sedangkan “view” hanya dapat memiliki akses untuk melihat mode view-only saja.

1. Mode pairing

Di komputer A, silakan login ke akun host demo RemoteShare.xyz menggunakan SSH dengan password rahasia345:

$ ssh host@demo.remoteshare.xyz

Begitu juga di komputer B, silakan login ke akun host yang sama dan masukkan password rahasia345:

$ ssh host@demo.remoteshare.xyz

Setelah keduanya berhasil login, Anda dapat menjalankan perintah apapun lewat komputer A yang dapat langsung dilihat oleh komputer B, begitupun sebaliknya.

Untuk keluar jalankan shortcut CTRL+q.

2. Mode view-only

Di komputer A, silakan login ke akun host demo dan ketikkan password rahasia345:

$ ssh host@demo.remoteshare.xyz

Komputer A akan bertindak sebagai host yang dapat menjalankan perintah apapun.

Di komputer B, silakan login ke akun view demo dan ketikkan password rahasia123:

$ ssh view@demo.remoteshare.xyz

Komputer B hanya akan bertindak sebagai penonton yang tidak dapat menjalankan perintah apapun di terminal.

Untuk keluar jalankan shortcut CTRL+q.

Cara kerja di atas dapat disimak di GIF demo di laman RemoteShare.xyz.

Cara mendapatkan RemoteShare.xyz

Jika Anda tertarik menggunakan RemoteShare.xyz untuk Anda unggah di server sendiri, Anda dapat menghubungi Nif Kurniawan melalui posel me at nif-kurniawan.web.id. Anda dapat menggunakannya secara gratis dengan syarat dipakai pada proyek nirlaba.

Bagikan:

Ramdziana F Yustitianto

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana

You may also like...