Dari Paket Peramban Hingga Kernel, Linux Mint Peroleh Mitigasi Meltdown dan Spectre

Hei! Semoga tidak bosan dengan kabar seputar Meltdown dan Spectre 😀 Kemarin tim Linux Mint resmi menerbitkan pembaruan untuk memitigasi dua kerentanan CPU tersebut.

Linux Mint

Bagi Anda yang tidak mengikuti perkembangan Meltdown dan Spectre, Anda dapat membaca artikel kami di tautan ini. Meskipun pendek, setidaknya Anda dapat membayangkan apa dan bagaimana Meltdown dan Spectre berpotensi merugikan pengguna.

Jika Anda menjalankan Update Manager Linux Mint sekarang, Anda akan mendapatkan peramban Firefox 57.0.4. Versi tersebut merupakan versi terbaru dari Firefox yang memperbaiki potensi serangan melalui celah Spectre. Jika Anda menggunakan Google Chrome atau Chromium, tenang, meskipun tidak ada pembaruan Anda dapat memitigasi Spectre sendiri dengan cara mengaktifkan (enable) pengaturan Strict site isolation melalui chrome://flags. Begitu juga dengan pengguna Opera yang dapat mengaktifkan opsi opera://flags/?search=enable-site-per-process.

Pembaruan driver Nvidia proprietari untuk mengatasi Meltdown dan Spectre juga hadir di Linux Mint. Jika Anda menggunakan Linux Mint 17.x dan 18.x, Anda disarankan untuk memutakhirkan driver ke versi 384.11. Pengguna LMDE dapat memasang driver tersebut melalui laman resmi Nvidia.

Sayangnya, sampai kabar diturunkan, Linux Mint 17.x dan 18.x belum memperoleh pembaruan kernel, LMDE (Linux Mint Debian Edition) justru sudah memperoleh kernel 3.16.51 yang berisi mitigasi dua kerentanan tersebut.

Sekali lagi, untuk mendapatkan pembaruan di atas silakan jalankan Update Manager. Rutin menjalankan perkakas pembaruan tersebut sangat disarankan, apalagi beberapa komponen yang berisi mitigasi masih dalam tahap pengerjaan dan pengujian, belum dirilis ke pengguna.

Bagikan:

Ramdziana F Yustitianto

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana

You may also like...