Distribusi Tails Rilis Patch Mitigasi Meltdown dan Spectre di Versi 3.4

Distribusi GNU/Linux berbasis Debian, Tails, mengumumkan rilis pembaruan keempat untuk seri termutakhir Tails 3. The Amnesic Incognito Live System atau Tails adalah distribusi live yang ditujukan untuk para pegiat privasi dan merupakan sistem operasi yang direkomendasikan oleh Edward Snowden.

Tails

Tails 3.4 hanyalah merupakan rilis pemeliharaan, walau begitu jangan remehkan karena ia membenamkan patch mitigasi celah kerentanan Meltdown dan Spectre dengan meningkatkan versi kernel ke 4.14.12—​rilis kernel yang memang sudah membawa patch tersebut.

“Rilis ini membenahi banyak isu keamanan dan pengguna harus segera memutakhirkan secepatnya,” tutur pengembang. “Terkhusus, Tails 3.4 memperbaiki celah serangan Meltdown, dan sebagian mitigasi untuk Spectre.”

Perbaikan lain yang dimaksud adalah bug yang menyebabkan startup Tails sangat lambat di beberapa DVD, bug yang menyebabkan beberapa paket Debian tidak dapat diinstal dengan benar saat pengguna memanfaatkan Additional software, serta bug yang menyebabkan paket-paket Debian yang terunduh terhapus. Tails 3.4 juga memperbarui pengaya uBlock Origin pada Tor Browser yang sempat rusak.

Citra ISO Tails dapat diperoleh melalui tails.boum.org. Kurang dari dua pekan lagi, pengembang akan menerbitkan Tails 3.5.

Bagikan:

Ramdziana F Yustitianto

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana

You may also like...