DLP Tingkatkan Pustaka Pengimpor Dokumen QuarkXPress dan MS Publisher

Italo Vignoli dari The Document Foundation baru saja mengumumkan pembaruan pada proyek Document Liberation Project. Document Liberation Project (DLP) merupakan salah satu proyek dari TDF yang berjuang membebaskan segala bentuk konten vendor lock-in (konten yang berformat proprietari seperti DOC).

Document Liberation Project

Sampai saat ini, pustaka-pustaka yang dibangun oleh DLP untuk “membuka” format proprietari sudah dibenamkan ke dalam perangkat lunak LibreOffice, Abiword, Calligra, Scribus, Inkscape, dan CorelDRAW File Viewer.

Hari Senin 22 Januari, Italo mengumumkan lima pembaruan pustaka yang berhasil digarap tim DLP. Pustaka yang dimaksud:

  1. lib-ebook yang mampu mengekspor berkas ODT LibreOffice ke berkas EPUB3. Pustaka ini belum memiliki fitur mahir, tetapi seiring pengembangan berjalan, lib-ebook dijamin semakin matang dan kaya fitur. Pustaka ini dapat diunduh di tautan ini.

  2. libmspub yang mampu mengimpor dokumen Microsoft Publisher. Libmspub dapat diunduh di tautan ini.

  3. libabw yang mampu mengimpor dokumen AbiWord. Pustaka dapat diunduh di tautan ini.

  4. libqxp yang dapat mengimpor dokumen dan template QuarkXPress 3.1/4.1. Pustaka dapat diunduh di tautan ini.

  5. libpagemaker yang mampu mengimpor dokumen PageMaker 6/7. Pustaka dapat diunduh di tautan ini.

Kelima pembaruan pustaka dipastikan hadir di LibreOffice 6.0 yang bakal diluncurkan akhir bulan Januari ini. Jika Anda tertarik dengan Document Liberation Project silakan kunjungi www.documentliberation.org.

Bagikan:

Ramdziana F Yustitianto

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana

You may also like...