Firefox 60 Siap Jadi Rilis ESR Berikutnya, Sediakan Fitur Policy Engine

Sampai saat ini, peramban Firefox memiliki dua varian versi; stable dan ESR. Versi stable terkini adalah Firefox 57 (biasa disebut Firefox Quantum) sedangkan versi ESR terkini adalah Firefox 52.

ESR atau Extended Support Release merupakan varian yang dipelihara oleh Mozilla selama dua tahun sehingga cocok dipakai di lingkungan sekolah, universitas, bisnis, maupun di area yang sangat membutuhkan peramban dan membutuhkan dukungan keamanan yang lebih tanpa perlu pembaruan fitur mayor.

Firefox

Sejak kehadiran Firefox 10 sebagai varian ESR pertama, varian ini semakin populer. Tidak sedikit distribusi GNU/Linux yang menggunakan Firefox ESR sebagai peramban utama, termasuk Debian dan Mageia (khususnya versi 5). Firefox 52 akan memasuki masa EOL bulan Agustus 2018, sebagai penerus, Firefox 60 akan menjadi ESR selanjutnya.

Berdasarkan keterangan Romain Testard, manajer produk di Firefox desktop, Firefox 60 ESR final akan meluncur pada tanggal 8 Mei yang disusul dengan rilis poin pertama pada 3 Juli 2018.

Bawa Policy Engine

Tidak hanya menyampaikan jadwal rilis Firefox ESR, Romain juga menyebutkan bahwa Firefox 60 akan membawa Policy Engine.

Apa itu Policy Engine?

Policy Engine adalah proyek untuk mengustom fitur maupun konfigurasi pada Firefox sehingga lingkungan korporasi dapat menentukan “Firefox versi mereka sendiri”. Romain mengklaim, Policy Engine dapat bekerja dengan perkakas apa saja dan Windows Group Policy merupakan salah satu target dukungan.

Dengan hadirnya Policy Engine, Firefox 60 bakal menjadi rilis yang menarik untuk ditunggu.

Bagikan:

Ramdziana F Yustitianto

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana

You may also like...