Intel Luncurkan Pembaruan Microcode untuk Beragam Distro GNU/Linux

Sampai saat ini, hampir semua perangkat memiliki kerentanan Meltdown dan Spectre. Kerentanan yang ditemukan pada CPU ini memperkenankan sebuah skrip tak-jelas mencuri data sensitif yang tersimpan pada memori kernel. Khusus untuk Meltdown, kerentanan ini ada di CPU Intel, sedangkan Spectre dapat ditemukan di CPU Intel, AMD, maupun ARM.

Meltdown Spectre

Pasca laporan kerentanan diterbitkan secara publik, Intel berjanji meluncurkan patch microcode untuk mengatasi dua kerentanan tersebut. Sesuai janji, patch dirilis kemarin untuk beragam distribusi GNU/Linux.

Jika Anda mengakses laman unduh resmi microcode Intel, Anda dapat melihat bahwa Intel menyediakan microcode untuk Red Hat Enterprise Linux (RHELL) seri 7 dan 6, SUSE Linux Enterprise Server (SLES) 12.2, SLES 12, SP3, SP2, SP1, SLES 11, SP4, SP3, SP2, dan SP1, serta CentOS seri 7, Debian 8.x dan 7.x, Ubuntu 16.04 LTS dan 14.04 LTS. Oiya, tidak lupa juga Fedora 24 dan 23.

Bila diperhatikan lagi, Intel juga mendukung Chrome OS dan OpenDesktop. Namun tunggu …​ di situ juga tertulis Linux, dengan demikian selain distribusi di atas, distribusi turunan dan distribusi “aneh” sekalipun secara otomatis dapat menerapkan patch perbaikan microcode tersebut.

Langsung saja, untuk mengunduh Intel CPU microcode teranyar, silakan kunjungi intel.com.

Bagikan:

Ramdziana F Yustitianto

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana

You may also like...