Jalankan Debian, Grup Peretas Fail0verflow Jebol Nintendo Switch

Grup peretas fail0verflow merupakan grup yang beberapa tahun terakhir sangat menonjol di kalangan pegiat GNU/Linux karena berhasil menguji Linux di perangkat PlayStation.

Setelah berhasil meretas PlayStation 4 agar mampu menjalankan Gentoo Linux, kali ini, grup peretas ini kembali menemukan celah pada perangkat gaming Nintendo Switch yang juga memperkenankan perangkat tersebut menjalankan sistem operasi bebas/merdeka keren tiada tara, Debian (ini bukan endorse). Mimpi buruk, pasalnya celah tersebut berpotensi menjadi jalur munculnya game-game bajakan yang selama ini mereka perangi.

Melalui pos yang diunggah oleh fail0verflow lewat akun @fail0verflow. Sebuah perangkat Nintendo Switch menampilkan layar login terminal Debian dengan empat gambar Tux di bagian atas dan tulisan ala figlet “fail0verflow”.

Via cuitan lain, grup peretas ini menyatakan bahwa eksploit dilakukan pada bug di boot ROM. Bahkan untuk melewati (bypass) boot ROM tersebut, Anda tak perlu memasang cip termodifikasi. Sehingga perbaikan tidak mungkin dilakukan pada level perangkat lunak.

Salah satu “perbaikan” mungkin bisa dilakukan dengan bekerja sama dengan Nvidia dan menambalnya pada cip Tegra X1, cip yang dipakai perangkat tersebut.

Akankan fail0verflow merilis eksploit seperti yang mereka lakukan sebelumnya?

Bagikan:

Ramdziana F Yustitianto

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana

You may also like...