‘Tuk Tampilkan Hari Libur, KDE Frameworks 5.43 Kenalkan Pustaka Baru KHolidays

Tim pengembang KDE beberapa jam yang lalu menerbitkan KDE Frameworks 5.43. KDE Frameworks merupakan kumpulan pustaka pengaya yang menyediakan beragam fungsionalitas untuk Qt dan merupakan salah satu komponen pembentuk desktop environment KDE Plasma.

KDE Frameworks

“Rilis ini adalah bagian dari seri rilis bulanan terencana yang menyediakan peningkatkan untuk para pengembang dengan cepat dan waktu yang dapat diprediksi,” tutur kde.org.

Fitur baru paling penting di sini adalah penyediaan KHolidays, pustaka untuk mengalkulasi hari libur. Dengan pustaka API berbasis Cpp ini, pengembang dapat menampilkan hari libur maupun acara-acara spesial pada negara atau region tertentu.

Di luar penyediaan KHolidays, KDE Frameworks 5.43 memperbarui Baloo, ikon Breeze, KAuth, KCMUtils, KCompletion, KCoreAddons, KDESU, KDE GUI Addons, dan KIO. Selain itu, pengembang juga menambahkan dukungan ColorGroups pada Kirigami, menjadikan depedensi kdoctools pada KJS opsional, memperbaiki fungsi scroll pada KTextEditor, membenahi tampilnya huruf RTL pada ComboBox di Plasma Framework, meningkatkan dukungan AppArmor pada Syntax Highlighting, dan lain-lain.

KDE Frameworks 5.43 dapat diperoleh melalui distro GNU/Linux (jika sudah tersedia), jika belum, Anda dapat mengunduh tarball-nya melalui repositori ini

Bagikan:

Ramdziana F Yustitianto

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana

You may also like...