Pengelola Buku Elektronik Calibre 3.17 Perbarui Pengolahan Cache

Proyek perangkat lunak pengelola koleksi buku elektronik (ebook) Calibre, Jumat kemarin mengumumkan rilis anyar Calibre 3.17 sebagai rilis pembaruan ke-17 untuk seri 3. Ini merupakan rilis yang dikembangkan selama dua pekan dan merupakan rilis anyar yang hadir pertama pada bulan Februari 2018.

Calibre

Dibandingkan dengan rilis sebelum ini, Calibre 3.17 tidak banyak membawa pembaruan. Di sini pengembang hanya menambahkan fitur untuk memisah daftar buku dengan cara klik kanan pada header kolom kemudian pilih Split the book list.

“Fitur ini sangat berguna untuk ‘mengunci’ satu atau banyak kolom di tempat sehingga mereka selalu terlihat meski (pengguna) men-scroll melalui kolom lain,” terang pengembang. Menu klik kanan untuk mengaktifkan fitur ini juga dapat diatur melalui Preferences → Toolbars dan bagian menu.

Ia kini juga mulai menyimpan berkas temporari yang sedang dipakai editor maupun viewer di direktori cache untuk mencegah galat yang disebabkan oleh terhapusnya berkas temporari aktif oleh perkakas pembersih cache.

Tingkatkan dukungan EPUB3, penampil buku elektronik, dan perbarui news sources

Di samping dua fitur baru, Calibre 3.17 juga memperbaiki dukungan berkas EPUB3, penampil buku elektronik yang kini meningkatkan transparansi backgroud saat menampilkan metadata, serta memperbaiki fitur edit banyak metadata.

Untuk pengguna yang hobi membaca berita atau majalah daring, rilis ini juga memperbarui news source Le Devoir, London Review of Books, New York Times, New Statesman, LWN Weekly, New York Post, dan Associated Press.

Mayoritas distribusi GNU/Linux sudah membenamkan Calibre di repositori sehingga dapat diinstal dengan mudal lewat manajer paket, tetapi kalau pengembang distribusi belum menyediakan rilis termutakhir, Anda dapat memasang Calibre lewat tautan ini.

Bagikan:

Ramdziana F Yustitianto

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana

You may also like...