Pengguna openSUSE Tumbleweed Jadi Pertama yang Rasakan Pembaruan YaST

YaST atau Yet another Setup Tool merupakan perkakas GUI pengatur sistem dan konfigurasi unggulan distribusi GNU/Linux openSUSE. Selama beberapa bulan terakhir, tim pengembang YaST mengoprek dan mengolah banyak pembaruan untuk perkakas tersebut. Tanpa perlu menunggu rilis Leap anyar, para pengguna openSUSE Tumbleweed akan menjadi pengguna pertama yang menyicipi pembaruan-pembaruan tersebut. Yoooot!

YaST
Gambar 1. YaST lawas

Douglas DeMaio melalui news.opensuse.org menyatakan, “pembaruan-pembaruan YaST akan hadir dan para pengguna openSUSE Tumbleweed akan menjadi pengguna pertama yang merasakan perubahan tersebut di snapshot yang diharapkan dirilis mendatang.”

Diterangkan lebih lanjut, YaST anyar akan membawa modul baru yast2-storage-ng sebagai pengganti yast2-storage. Fitur ini merupakan tindak lanjut dari penulisan ulang libstorage menjadi libstorage-ng. Generasi baru libstorage–libstorage-ng–mampu memasang ruang penyimpanan terenkripsi penuh tanpa perlu menggunakan LVM, begitu juga mampu menangani beragam sistem berkas dengan lebih baik yang berpotensi meningkatkan dukungan Btrfs, bcache, dll.

Disamping itu, inkonsistensi pemartisi (partitioner) YaST juga diharapkan tersingkir setelah pengembang menulis ulang perkakas ini. Meski begitu, perkakas pemartisi baru ini belum rampung 100 persen saat kabar ini ditulis. Pembaruan lain yang tak kalah menarik adalah dukungan terhadap skenario “pemartision” nontradisional seperti SUSE CaaSP, SLES4ASAP, dan openSUSE Kubic.

Jika Anda ingin mencari informasi yang lebih lengkap, silakan rujuk tautan ini.

Bagikan:

Ramdziana F Yustitianto

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana

You may also like...