Bergabung dengan Proyek Open Build Service, SUSE Studio Akan Segera Ditutup

Pada hari Kamis, 15 Februari besok, SUSE akan menutup proyek SUSE Studio (susestudio.com). SUSE Studio merupakan proyek yang sangat menarik, yang didirikan tahun 2009. Proyek ini memperkenankan pengguna SUSE atau openSUSE untuk membuat ISO openSUSE versi mereka sendiri dengan aplikasi bawaan yang telah ditentukan. Mirip cara kerja saat Anda melakukan remaster distro untuk kembali dibundel ke dalam satu ISO.

SUSE Studio

Sekitar kuartal kedua tahun 2017, SUSE Studio mengumumkan bahwa mereka akan terintegrasi dengan Open Build Service (OBS) yang kemudian disusul dengan pengumuman penutupan situs susestudio.com pada tanggal 15 Februari 2018, atau dua hari lagi dari sekarang.

OpenSUSE menyarankan pengguna untuk segera mengalihkan appliance configuration yang mereka miliki ke OBS (build.opensuse.org) sesegera mungkin.

“Seperti yang telah diumumkan, kami akan menutup (situs) susestudio.com pada 15 Feb. Anda masih memiliki waktu untuk memigrasikan appliance configuration ke build.opensuse.org. OBS adalah perkakas pembangun citra mirip seperti SUSE Studio dan Anda akan tetap dapat mempertahankan citra menggunakan KIWI,” cuit @opensuse.

Keunggulan SUSE Studio Express

Penggabungan SUSE Studio dengan OBS membentuk nama baru: SUSE Studio Express, yang memiliki laman anyar di studioexpress.opensuse.org. Salah satu alasan untuk menggabungkan kedua proyek ini adalah untuk meningkatkan fasilitas atau fitur yang selama ini tidak ada di SUSE Studio.

Apa saja fitur baru yang dimaksud?

Di SUSE Studio Express, pengguna diperkenankan untuk berkolaborasi membangun citra. Anda dapat mengklona, mengubah, dan meninjau pembaruan citra untuk kemudian dikirim dan diterima oleh pembuat proyek. Citra yang dibangun via SUSE Studio Express juga akan mendukung lebih banyak arsitektur; Intel/AMD x86_64, ARM, Power, dan Z System.

Selain itu, dengan memanfaatkan OBS, SUSE Studio Express bakal lebih fleksibel dan juga citra yang Anda bangun lewat proyek ini akan terus mengikuti perkembangan distribusi utama sehingga Anda dapat membangun citra dengan basis SUSE nonrilis stabil.

Bagikan:

Ramdziana F Yustitianto

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana

You may also like...