Thunderbird dan Monterail Rilis Survei untuk Tentukan Tampilan Baru Thunderbird

Pada tahun 2017, perusahaan desain Monterail memamerkan mockup tampilan baru perangkat lunak email client Thunderbird. Tidak sedikit pengguna Thunderbird yang menyukai mockup tersebut. Namun, mockup hanyalah mockup, ia tidak akan direalisasikan oleh Menterail.

Beruntung, seorang pengembang meluncurkan tema yang terinspirasi dari mockup tersebut (bahkan seperti tiruan) yang dapat dipasang oleh penggunanya.

Mockup Thunderbird
Gambar 1. Mockup Thundebird (Monterail)

Waktu berjalan, Monterail melangkah ke depan. Perusahaan ini merasa kaget dan mengakui bahwa mockup mereka disukai oleh banyak orang. “Saya tak menyangka mockup menjadi viral seperti itu. Melihat jumlah angka orang yang melihat di akun Dribble meroket merupakan hal fantastis,” kata Krystian Polański dari Monterail. Dengan fakta ini, Monterail mempertimbangkan untuk bekerja sama dengan Thunderbird dan mungkin bakal merealisasikannya dengan UI dan UX yang lebih baik.

“Kami mengobrol dengan Richard Marti dan Ben Bucks dari tim inti Thunderbird untuk mendiskusikan kemungkinan yang terjadi. Kami ingin membangun bagaimanan meningkatkan rasa memiliki pengguna dan membuat Thunderbird semakin ramah-pengguna baik untuk pengguna kini maupun pengguna potensial,” tuturnya.

Hasil dari diskusi yang mereka lakukan membuktikan, para pengembang Thunderbird merasa kolot dan mempersepsikan diri sebagai produk yang stagnan akibat pelabelan dunia luar. Dengan kerja sama ini, Monterail mampu membuka mata mereka sehingga di masa mendatang dapat merealisasikan tampilan dan antarmuka yang benar-benar segar.

Monterail dan Thunderbird tidak tergesa-gesa menentukan tampilan baru. Mereka menghargai 26 juta pengguna dan menghargai sifat pengembangan Thunderbird yang terbuka, oleh karena itu mereka menerbitkan survei sebagai perwakilan suara pengguna. Mereka akan mempelajari hasil survei ini sebelum menentukan tampilan dan antarmuka Thunderbird.

Sekali lagi, jika Anda ingin ikut berkontribusi pada Thunderbird generasi baru, silakan ikuti surveinya di thunderbird-design.typeform.com/to/f7wiiq.

Bagikan:

Ramdziana F Yustitianto

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana

You may also like...