Ubuntu 18.04 LTS Sudah Beralih ke X Sebagai Sesi Utama

Pada rilis 17.10 Artful Aardvark, Ubuntu menerapkan display server Wayland secara default, menggantikan X yang “jadul”. Namun, hal ini akan berubah mulai Ubuntu 18.04 LTS Bionic Beaver, mencari aman, Ubuntu akan kembali ke X meninggalkan Wayland sebagai sesi opsional.

Ubuntu 18.04 LTS

Dalam laporan pengembangan terakhir, Ubuntu 18.04 LTS sudah menjadikan sesi GNOME ke X secara default dengan Wayland sebagai sesi yang dapat dipilih via layar login. Anda bisa membuktikannya dengan mem-boot ISO harian Bionic Beaver.

Masalah pada paket snap yang tampil sebagai device loop di GNOME Disk Utility juga sudah dibenamkan di pembaruan kali ini, bahkan perbaikan yang ditulis oleh Ubuntu telah diterima oleh pihak upstream. “Kami telah memasukkan perubahan ke udisks2 dan GNOME Disk Utility yang akan menyembunyikan snap dari daftar diska yang ter-mount,” Will Cook menyampaikan lewat nawala mingguan.

Perubahan lain yang berhasil dibenamkan dan mungkin akan membuat Anda tertarik adalah hadirnya PulseAudio 1.11, BlueZ 5.48, GNOME Tweaks 3.27.90, pembenahan bug penginstal pada dukungan enkripsi diska, dll. Sekali lagi jika Anda ingin mencoba ISO harian Ubuntu 18.04 LTS silakan kunjungi cdimage.ubuntu.com/daily-live/current/.

Bagikan:

Ramdziana F Yustitianto

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana

You may also like...